Senin, 20 Februari 2017

Suka Touring dengan box ini dia tips nya dalam memilih box motor

MOTORJOSS.COM -

Suka Touring dengan box ini dia tips nya dalam memilih box motor 

MOTORJOSS.COM - Box motor merupakan box external yang di tambahkan pada motor yang merupakan bagian aksesoris motor, kini box motor yang dulu hanya di gunakan hanya sebagai hiasan saja menjadi kebutuhan pokok sebagian masyarakat, selain fungsinya untuk menaruh barang, maupun dengan helm dengan aman dan terlindung dari hujan maupun panasnya terik matahari kini box motor adalah aksesoris wajib yang harus di miliki bagi mereka pecinta atau pengguna box motor dengan adanya box motor ini membuat tampilan motor mereka menjadi semakin kece dan gagah untuk jenis motor sendiri yang dapat menggunakan aksesoris ini adalah seluruh varian jenis motor yaitu mulai dari bebek, matic, naked bike, maupun sport. oke jadi berikut ini adalah penjabaran dari tips dan trik dalam memilih box motor : 


1. Memilih ukuran box motor sesuai dengan cc motor 


box memang saat ini jadi salah satu kebutuhan riding bagi mereka yang ingin kendaraan roda duanya memiliki kapasitas penyimpanan yang banyak, nah sesuai dengan poin utama memilih box sesuai dengan besaran cc motor itu bukan tanpa beralasan, karena memilih besarnya box motor yang tidak sesuai dengan besarnya cc motor itu akan membuat torsi atau tenaga dari kendaraan roda dua anda berkurang selain itu juga menambang beban lebih saat anda riding, akan baiknya jika anda memilih size atau ukuran box sesuai dengan kapasitas dari motor anda, karena semakin besar kapasitas box motor anda akan semakin banyak bawaan yang ingin anda bawa dan selain itu juga menambah berat anda saat  berakselerasi.


2. Memilih box motor yang lebarnya tidak melebih lebar stang motor

tidak kita pungkiri bahwa lebarnya box motor berpengaruh kepada gaya riding kita. Box motor yang mempunyai batas lebar yang melebih dari batas stang motor kita ini akan menyulitkan kita saat riding dan berakselerasi, terutama pada saat  kondisi lalu lintas padat lebarnya box akan menyulitkan kita saat riding di kemacetan usahakan memilih box yang sesuai dengan lebar stang 

3. Jika memang ingin memilih box motor yang lebar lengkapi dengan side box 

Ya jika kalian para rider ingin tetap menggunakan box yang lebar usahakan lengkapi juga dengan side box fungsi nya sebagai penyeimbang kalian saat berkendara. dengan menambah side box itu berarti menambah biaya ekstra untuk box tambahan tadi.


4. Perhatikan kualitas braket atau besi penyangga box motor 

perhatikan juga kualitas bracket yang digunakan. Pilihlah bracket dari material logam yang benar-benar kuat jika sobat berniat menggunakan box dengan volume besar dan sering mengangkut beban yang berat. Jangan memilih bracket yang hanya terbuat dari plat besi jika berniat menggunakan box besar. Bracket untuk box yang besar biasanya terbuat dari besi pejal berongga. Perhatikan juga kualitas cat pada bracket. Beberapa bracket di pasaran dijual dengan kualitas pengecatan yang kurang bagus. Catnya mudah terkelupas dan memperlihatkan material logam dibaliknya. Terlebih jika motor sobat sering diparkir di lapangan parkir tanpa atap dalam waktu yang cukup lama. Solusinya, sobat bisa mengecat ulang bracket dengan cat yang kualitasnya bagus.

5.Perhatikan letak pemasangan box. 


Jika sobat masih berniat untuk mengajak boncenger di jok belakang, sebaiknya posisi box tidak menutupi jok. Kecuali sobat berniat menjadi single seater, box yang posisinya menutupi jok belakang mengganggu kenyamanan boncenger. RiderAlit sering melihat pemandangan yang seperti ini di jalan. Box dengan bracket yang terbuat hanya dari pelat besi berhimpitan langsung dengan punggung boncenger sehingga box-nya terlihat terdorong paksa kebelakang. Kalau bracketnya patah dan box-nya jatuh bagaimana?
Perhatikan juga titik mount bracket di motor. Jangan sampai posisi bautnya membuat bracket terlalu menghimpit bagian plastik body karena bisa membuat body pecah akibat tekanan dan guncangan. Hal ini tidak terlepas dari montir yang memasang dan model bracketnya sendiri. Montir yang berpengalaman biasanya paham bagaimana membuat pelat besi custom dan titik mount bautnya untuk berbagai model bracket dan berbagai jenis motor.


Ya itu tadi merupakan tips dalam memilih box motor 

0 komentar:

Posting Komentar